Tips Atur Keuangan untuk Hobi Shopping

Minggu, 25 Februari 2018

Tips Atur Keuangan untuk Hobi Shopping


Tips Atur Keuangan untuk yang Hobi Belanja

Shopping memang jadi hobi bagi kebanyakan orang. Namun, jika tidak diatur dengan baik, hobi mengeluarkan uang ini bisa membuat kita jadi boros. Untuk itu, ada baiknya berbelanja sesuai batasan, menurut bujet, dan prioritas kebutuhan. 

Pada dasarnya, berbelanja adalah sah-sah saja. Apalagi berbelanja merupakan bentuk menghargai hasil kerja. Sembari menikmati hasil pekerjaanmu, buatlah aturan yang jelas dan tentukan bujetnya agar kamu pun tetap bisa menabung. 

Ada 7 cara praktis agar kamu terhindar dari boros sehingga bisa mengelola keuangan dengan baik:

1. Hindari nongkrong di mal

Dengan mengurangi intensitas jalan ke mal, keinginan untuk berbelanja pun berkurang. Oleh karena itu, jika ingin berhemat adalah dengan menghindari mal dan membatasi waktu belanja, dua minggu sekali contohnya.

2. Memilih untuk menyewa

Saat ini, ada banyak barang-barang yang sengaja disewakan dan diiklankan melalui media sosial. Ada diantaranya kamera untuk traveling, tas buat ke pesta, gaun-gaun karya desainer, dan masih banyak lagi.

Nah, daripada membeli suatu barang yang hanya akan digunakan satu sekali atau dua kali, lebih baik melirik jasa sewa saja.

3. Menggunakan jasa titipan

Saat ini kamu bisa membeli barang-barang impor dengan harga miring. Caranya, pakailah jasa titip barang impor yang tentu harganya bersaing dan untuk mendapatkan barangnya jauh lebih mudah. Dengan demikian kamu pun bisa berhemat karena tidak memikirkan ongkos kirim paket luar negeri.

4. Menekan pos belanja

Sebanyak apapun kebutuhanmu, pastikan jumlah pengeluaran tidak mengganggu kemampuan menabung. Caranya, buatlah pos bulanan khusus untuk berbelanja kebutuhan pribadi, sebagai contoh 10 persen dari pendapatan.

Jikalau harga sepatu yang sedang kamu lirik lebih besar dari pos belanja tadi, jangan sampai menggunakan jatah pos lainnya. Berusahalah mendapatkan uang tambahan, seperti pekerjaan sampingan agar bisa membeli sepatu tadi.

Terkadang untuk mendapatkan suatu barang yang harganya lebih mahal, kamu tidak perlu berhemat, tapi cukup mencari solusi kreatifnya. 

5. Manfaatkan promo

Kalau kamu jeli, ada banyak promo yang ditawarkan di perbagai pusat perbelanjaan. Ada berbagai bentuk, seperti pesta diskon, potongan harga grosir, diskon khusus kartu kredit, dan lain-lain.

Agar promo kartu kredit benar-benar menguntungkanmu, pastikan begitu kamu menerima billing langsung melunasi agar tidak terkena bunga kartu kredit.

6. Memanfaatkan poin reward

Di beberapa pusat perbelanjaan memiliki program poin reward. Jika total belanjamu sudah mencapai jumlah tertentu, kamu bisa menukarkan poin reward sehingga saat belanja kamu tidak perlu mengeluarkan uang.

7. Pilih penawaran terbaik

Dalam mendapatkan harga terbaik dibutuhkan banyak pilihan referensi tempat belanja. Kenalilah trend harga pusat perbelanjaan yang ada di kotamu. Selain pusat perbelanjaan yang memberikan harga miring, carilah yang aksesnya mudah sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi lebih banyak. 

Seboros apapun itu, kamu tetap bisa menabung asalkan bisa mengelola keuanganmu. Semoga 7 cara dari Swara Tunaiku di atas bisa membantumu dalam mengelola keuangan, ya. 

0 komentar :

Posting Komentar