Pasokan Properti Komersial Terus Naik

Jumat, 16 Februari 2018

Pasokan Properti Komersial Terus Naik


Pasokan Properti Komersial Terus Naik

Pasokan properti komersial tercatat mengalami kenaikan pada triwulan IV-2017.

Survei Perkembangan Properti Komersial Bank Indonesia (BI) menunjukkan, terjadi kenaikan 0,58 persen pada triwulan tersebut dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Pertumbuhan pasokan berasal dari segmen perkantoran yang menyumbang 2,26 persen. Terutama, untuk perkantoran jual yang mengalami kenaikan tertinggi di Surabaya.

"Kenaikan harga juga terjadi pada segmen apartemen, terutama apartemen di wilayah Balikpapan yang mengembangkan konsep mixed used, Banten, Surabaya, dan Jabodebek," tulis BI.

Selain perkantoran dan apartemen, segmen perhotelan juga menunjukkan peningkatan pasokan 1,6 persen.

Pasokan tertinggi berada di wilayah Denpasar, Bali, seiring dengan pengembangan sejumlah hotel baru.

Beberapa pasokan itu seperti Movenpick Resort & Spa Jimbaran Bay untuk segmen bintang lima, dan beberapa hotel bintang empat di kawasan Jimbaran, Pecatu, Seminyak dan Canggu.

"Secara tahunan, indeks properti komersial juga mengalami kenaikan 1,37 persen, melambat dibandingka 1,39 persen pada triwulan sebelumnya," tulis BI.

Pertumbuhan pasokan terutama terjadi pada segmen apartemen sebesar 5,89 persen, khususnya apartemen strata dan segmen perkantoran. Lebih khusus, kenaikan perkantoran jual terjadi di Jabodebek dan Surabaya.

0 komentar :

Posting Komentar