Harga Properti Komersial Naik Tipis

Jumat, 16 Februari 2018

Harga Properti Komersial Naik Tipis


Harga Properti Komersial Naik Tipis

Indeks Harga Properti Komersial (IHPK) pada Triwulan IV-2017 tercatat sebesar 172,4 atau naik 0,09 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Pertumbuhan tipis itu lebih baik dibandingkan triwulan III yang turun 0,04 persen.

Hal tersebut terungkap dalam survei Perkembangan Properti Komersial yang dilakukan Bank Indonesia (BI).

Kenaikan harga properti komersial terutama terjadi pada segmen convention hall (1,88 persen) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

Selain itu, kenaikan juga disumbangkan oleh sektor lahan industri dan pergudangan yang masing-masing mengalami pertumbuhan 0,16 persen.

"Kenaikan harga yang terjadi pada segmen convention hall sejalan dengan kenaikan tarif pada fasilitas hotel yang baru masuk ke pasar," demikian tulis BI dalam laporannya.

Sementara, kenaikan harga pada segmen lahan industri dan pegudangan terutama terjadi pada kawasan industri maupun pergudangan yang performanya baik.

Kondisi sebaliknya justru terjadi pada segmen perhotelan yang mengalami penurunan 5,29 persen, setelah pada triwulan sebelumnya sempat naik 6,52 persen.
"Penurunan harga segmen hotel karena masih terbatasnya kegiatan pertemuan instansi pemerintah maupun sektor swasta pada periode akhir tahun," kata BI.

Secara tahunan, harga properti komersial masih mengalami konstraksi sebesar 0,09 dibandingkan tahun lalu.

Meski demikian, kondisi tersebut masih lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang mengalami penurunan 0,21 persen.

Penurunan harga terdalam dialami sektor perhotelan (16,19 persen). Hal ini karena faktor persaingan usahan dan adanya pasokan hotel baru di sejumlah wilayah, khususnya bintang 3 dan 4. Di sisi lain, permintaan sektor ini relatif terbatas.

0 komentar :

Posting Komentar